SYARAT DAN KETENTUAN

Sebelum mengakses platform SamaKita (sebagaimana didefinisikan di bawah ini sebagai “Platform” atau “SamaKita”) ini lebih jauh, Anda terlebih dahulu perlu untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan berikut (“Syarat dan Ketentuan”) adalah untuk penggunaan Platform, setiap materi, Konten, Layanan, serta fitur lainnya yang tersedia pada SamaKita.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform ini (“S&K”) dibuat untuk menetapkan syarat, ketentuan-ketentuan dan perikatan hukum yang mengikat Anda atas pemanfaatan Layanan kami oleh Anda. Dengan meng-klik atau mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda menerima dan menyetujui S&K, dan/atau dengan mengajukan Permohonan Pinjaman dan/atau dengan memanfaatkan Layanan SamaKita, Anda secara sah:

  1. Mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami seluruh isi S&K
  2. Setuju untuk terikat oleh dan tunduk pada S&K tanpa tekanan dan paksaan dari pihak manapun dan
  3. Mengetahui setiap akibat hukum dari keberlakuan S&K serta konsekuensi hukum berupa pelanggaran atas S&K sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 11 dan 14 S&K ini.

Fakta bahwa anda: (i) memanfaatkan Layanan SamaKita; (ii) mengajukan Permohonan Pinjaman kepada SamaKita; dan/atau (iii) menyetujui Perjanjian Penyaluran Pinjaman sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau Perjanjian Pinjaman sebagai Peminjam, hal tersebut adalah wujud pernyataan kesepakatan Anda yang sah berdasarkan Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”) terhadap S&K dan diakui sebagai alat bukti yang sah dihadapan pengadilan berdasarkan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut perubahannya dari waktu ke waktu.

Jika Anda tidak setuju dengan ketentuan dan/atau isi dalam S&K ini atau tidak dapat memahami isi S&K ini, mohon tidak mengakses dan menggunakan Layanan pada Platform termasuk mengajukan Permohonan Pinjaman dan menyetujui Perjanjian Pinjaman.


PENAFIAN/DISCLAIMER

A. Peran SamaKita hanya bersifat administratif dan sebagai fasilitator dan perantara dalam proses pemberian Pinjaman dari Pemberi Pinjaman kepada Peminjam berdasarkan suatu Perjanjian Pinjaman. Sehingga, kewajiban, risiko, dan akibat hukum yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian Pinjaman tersebut merupakan tanggung jawab Peminjam dan Pemberi Pinjaman.

B. SamaKita maupun lembaga, institusi, atau otoritas negara yang mengatur dan/atau mengawasi SamaKita tidak dapat dilibatkan dalam, dan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pemberi Pinjaman maupun Peminjam sehubungan dengan kegiatan LPBBTI dan pemberian Pinjaman kepada Peminjam melalui Platform.


1. DEFINISI/INTERPRETASI

Definisi

1.1 Untuk tujuan S&K ini, istilah yang didefinisikan dalam Pasal ini, dan di manapun dalam S&K ini, akan memiliki arti sebagai berikut:

“Anda” adalah dengan variasi tata bahasa dan ungkapan yang serumpun, merujuk pada Peminjam, Pemberi Pinjaman atau orang lain yang menggunakan Platform dan/atau Layanan baik terdaftar pada Platform maupun tidak.

"Akun Peminjam” adalah akun pribadi Peminjam yang dibukakan dan disediakan SamaKita pada Platform dimana Peminjam dapat, antara lain, (i) mengajukan Permohonan Pinjaman serta mengajukan Permohonan Pinjaman baru setelah dilunasinya Pinjaman sebelumnya; (ii) mengunduh dokumen persyaratan dan memberikan informasi lain yang diwajibkan terkait pengajuan Aplikasi Permohonan; dan (iii) mengetahui ketentuan dan jadwal pelunasan Pinjaman yang diwajibkan serta jumlah pembayaran Pinjaman tertunggak.

“Akun Pemberi Pinjaman” adalah akun Pemberi Pinjaman dalam Platform yang digunakan oleh Pemberi Pinjaman berdasarkan syarat dan ketentuan Platform dan Perjanjian ini untuk memilih Peminjam yang terhadapnya dapat disalurkan Pinjaman oleh Pemberi Pinjaman melalui Perusahaan berdasarkan Perjanjian Pinjaman, termasuk melakukan pengecekan mengenai jumlah dana Pemberi Pinjaman dalam rekening escrow, jadwal pembayaran atau pelunasan kewajiban finansial Peminjam yang dibiayai dan informasi mengenai keterlambatan pelunasan atau pembayaran kewajiban finansial Peminjam.

“Data Pribadi” adalah meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen, baik elektronik maupun non-elektronik, dari atau mengenai Pengguna (baik Peminjam maupun Pemberi Pinjaman, sesuai konteksnya) dan/atau pihak terkait Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada keluarga, rekan, karyawan, perusahaan atau penyedia jasa Pengguna, apabila dipersyaratkan) yang diterima atau diakses SamaKita dari Pengguna, diajukan, diberikan atau diungkapkan Pengguna kepada SamaKita, menurut persetujuan Pengguna yang bersangkutan serta disimpan dan dikelola sehubungan dengan penyediaan Layanan pada Platform dan dalam rangka pemanfaatan Layanan pada Platform oleh Pengguna.

“Hari Kerja” berarti hari selain Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional di Indonesia, dimana bank-bank di Jakarta buka untuk melakukan kegiatan usahanya.

“Hukum” adalah setiap undang-undang dan peraturan, surat keputusan atau kebijakan yang memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan daerah, dan perundangan bawahan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional atau otoritas gabungan pemerintahan dan swasta, termasuk yang dari Republik Indonesia dan yuridiksi terkait lainnya, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh suatu pihak, termasuk hukum dan keadilan bersama.

“Layanan” adalah layanan jasa keuangan berupa penyediaan Platform oleh SamaKita untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Peminjam dalam rangka melaksanakan kegiatan LPBBTI terkait transaksi pinjam meminjam uang antara Pemberi Pinjaman dan Peminjam termasuk penyaluran Pinjaman kepada Peminjam dan pembayaran dan/atau pelunasan Pinjaman dari Peminjam.

“LPBBTI” adalah Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, atau dikenal dengan peer-to-peer lending, untuk menyalurkan Pinjaman dari Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman sebagaimana syarat, ketentuan dan pelaksanaannya diatur dalam POJK No. 10/2022.

“Para Pemberi Pinjaman” atau “Pemberi Pinjaman” berarti individu yang menyediakan semua atau sebagian Pinjaman kepada Peminjam berdasarkan Perjanjian Pinjaman melalui Platform yang akan ditandatangani oleh Peminjam dan Pemberi Pinjaman melalui Platform.

“Mitra” adalah perusahaan yang bekerjasama dengan SamaKita untuk memberikan keterangan dan daftar calon Peminjam yang terhadapnya dapat atau akan disalurkan Pinjaman oleh Pemberi Pinjaman melalui SamaKita pada Platform.

“Peminjam” berarti orang perseorangan, badan hukum, dan/atau badan usaha yang menerima Pinjaman/pendanaan dari Pemberi Pinjaman berdasarkan Perjanjian Pinjaman yang disepakati oleh Peminjam dan Pemberi Pinjaman melalui Platform.

“Pengguna” berarti (atau disebut sebagai “Anda”), yaitu Pemberi Pinjaman dan Peminjam yang menggunakan jasa dan layanan SamaKita atau memanfaatkan Platform SamaKita.

“Perusahaan” atau “SamaKita” berarti PT Sejahtera Sama Kita yang dikenal dengan merek dagang “SamaKita”, yaitu perusahaan teknologi finansial yang melaksanakan kegiatan usaha LPBBTI melalui Platform berdasarkan POJK No. 10/2022 untuk memfasilitasi penyediaan Pinjaman bagi Peminjam. Kami atau SamaKita termasuk pegawai dan kuasa yang sah dari SamaKita.

“Permohonan Pinjaman” berarti suatu formulir yang wajib diisi oleh Penerima Pinjaman untuk mengajukan permohonan perolehan Pinjaman kepada SamaKita melalui Platform.

“Pihak Terkait” adalah direksi, komisaris, karyawan, manajemen, pemegang saham, afiliasi, kuasa dan/atau perwakilan SamaKita, termasuk dalam hal ini adalah Pemberi Pinjaman dan keluarganya.

“Pinjaman” berarti pinjaman atau fasilitas pinjaman dari Pemberi Pinjaman (berikut bunga Pinjaman atau biaya lain) dengan konsep atau skema yang ditentukan SamaKita sebagaimana tercantum pada Platform yang disalurkan Pemberi Pinjaman kepada Peminjam melalui SamaKita pada Platform berdasarkan Perjanjian Pinjaman.

“Platform” adalah situs dan/atau versi mobile dari situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh SamaKita yang saat ini terletak di dan dapat diakses pada URL www.samakita.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu.

“POJK No. 10/2022” adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang LPBBTI, termasuk segala perubahannya dari waktu ke waktu.

“Rekening Layanan” adalah rekening yang meliputi escrow account dan virtual account atas masing-masing Pemberi Pinjaman dan SamaKita yang disediakan oleh bank yang bekerja sama dengan SamaKita, dimana rekening ini diperuntukan untuk kegiatan LPBBTI yang melibatkan Pemberi Pinjaman dan Peminjam berdasarkan Perjanjian Pinjaman, khususnya terkait penyaluran Pinjaman kepada Peminjam dan penerimaan pembayaran kembali Pinjaman dari Peminjam.

Interpretasi

1.2 Judul yang digunakan untuk S&K ini hanya untuk penjelasan dan referensi saja, dan tidak mempengaruhi penafsiran, atau menjadi bahan pertimbangan, dalam interpretasi S&K ini.

1.3 Dalam S&K ini, semua rujukan kepada badan hukum atau individu, adalah juga sebagai merujuk kepada agen yang sah, penerima hak pengalihan, penerus, ataupun kuasa/wakil dari badan hukum atau individu tersebut selama dianggap wajar. Ungkapan bermakna tunggal diartikan sebagai ungkapan bermakna jamak dan sebaliknya.

1.4 Setiap rujukan Hukum, peraturan, undang-undang atau penetapan adalah merujuk pada amandemen dan perubahan peraturan terkait, atau peraturan yang berada di bawah Hukum, peraturan, atau penetapan tersebut

1.5 Apabila terdapat perbedaan dan pertentangan antara S&K dan perjanjian yang mengikat Anda dengan SamaKita, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam perjanjian dan Anda wajib mematuhi ketentuan perjanjian tersebut kecuali untuk ketentuan yang bertentangan dengan S&K.


2. SYARAT UMUM PENGGUNAAN

2.1 S&K ini merupakan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur tata cara pemberian Layanan oleh SamaKita dengan mengoperasikan Platform yang memfasilitasi proses pemberian Pinjaman kepada Peminjam.

2.2 Pinjaman yang disediakan dalam Platform ditujukan untuk digunakan oleh Peminjam:

(a) yang berdomisili di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia dan

(b) merupakan warga negara, badan hukum, dan/atau badan usaha Indonesia.

2.3 Jumlah Pinjaman yang dapat diperoleh oleh Peminjam dari Pemberi Pinjaman melalui Platform adalah sebesar maksimal Rp 2.000.000.000,- (dua milyar rupiah), dengan jangka waktu (tenor) Pinjaman yaitu maksimal hingga 12 (dua belas) bulan sejak diterimanya Pinjaman oleh Peminjam berdasarkan Perjanjian Pinjaman.

2.4 Bunga atas Pinjaman yang dikenakan atas setiap jumlah Pinjaman sebagaimana dimaksud di atas ditentukan sesuai diskresi mutlak SamaKita dan akan diketahui Peminjam pada saat proses pengajuan Permohonan Pinjaman, namun tidak melebihi 0,4% (nol koma empat persen) per hari dari pokok Pinjaman.

2.5 Peminjam dapat mengetahui mengenai nilai Pinjaman termasuk bunga berikut denda keterlambatan (apabila ada) yang wajib dibayar dan dilunasi Peminjam sesuai ketentuan pembayaran dalam Perjanjian Pinjaman pada Akun Peminjam.

2.6 Denda keterlambatan atas setiap hari keterlambatan Anda untuk melunasi Pinjaman dengan tepat waktu sesuai ketentuan dan jadwal pelunasan dalam Perjanjian Pinjaman adalah sebesar maksimal 0,8% (nol koma delapan persen) per hari dari pokok Pinjaman.

2.7 SamaKita berhak mengubah komponen atau aspek komersial Pinjaman yang meliputi jumlah maksimal nilai Pinjaman, bunga Pinjaman dan denda keterlambatan maupun biaya lainnya yang akan diberitahukan secara transparan kepada Peminjam saat proses pengajuan Permohonan Pinjaman dan pada Akun Peminjam setelah Peminjam memperoleh Pinjaman.

2.8 Terhadap jumlah Pinjaman akan dibebankan suatu pajak, pungutan, bunga, biaya, bea atau potongan yang serupa sebagaimana akan ditetapkan pada suatu perjanjian antara Pemberi Pinjaman yang diwakili SamaKita sebagai kuasanya dan Anda dari waktu ke waktu.

2.9 Dalam hal terdapat gagal bayar atas pembayaran kembali Pinjaman, maka Peminjam dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat dicabut kembali kepada SamaKita untuk melakukan Skip Trace atau usaha untuk mengidentifikasi lokasi Peminjam dalam rangka melakukan proses penagihan atas pembayaran Pinjaman, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, termasuk namun tidak terbatas pada pencarian dan/atau usaha menghubungi melalui kanal media sosial Peminjam.

2.10 Dengan tunduk pada Kebijakan Privasi dan ketentuan S&K ini sebagaimana ditetapkan oleh SamaKita dari waktu ke waktu, Anda sepakat bahwa dengan (i) meng-klik atau mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda menerima dan menyetujui Kebijakan Privasi dan S&K; (ii) memanfaatkan Layanan SamaKita; (iii) mengajukan Permohonan Pinjaman kepada SamaKita; dan/atau (iv) menyetujui Perjanjian Pinjaman sebagai Peminjam, maka Anda dengan tanpa syarat mengizinkan SamaKita untuk mengumpulkan, menyimpan mengolah, mengakses, mengkaji, dan/atau menggunakan informasi dan Data Pribadi Anda.


3.PERNYATAAN DAN JAMINAN

3.1 Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

(a) Anda telah membaca dan menyetujui S&K ini berikut ketentuan lain yang mengatur penggunaan Layanan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi;

(b) Anda akan menggunakan dan/atau mengakses Platform kami hanya untuk tujuan yang sah berdasarkan Hukum;

(c) Anda telah memenuhi ketentuan dalam Pasal 2 ayat 2.2 S&K ini sehingga Anda dapat menyetujui S&K ini termasuk mengakses Platform, menggunakan Layanan dan mengadakan kontrak dengan Pemberi Pinjaman dalam kapasitas Anda sendiri sebagai pribadi;

(d) Anda menggunakan Platform dengan itikad baik dan tanpa niat untuk melanggar aturan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan pencucian uang, peraturan penghindaran pajak, dan peraturan anti terorisme; dan

(e) tidak ada materi apapun yang disampaikan melalui akun Anda atau yang dibagikan oleh Anda melalui Platform akan melanggar atau menyalahi hak-hak dari pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek dagang, privasi, publisitas atau hak-hak kepemilikan atau pribadi lainnya; atau mengandung fitnah, pencemaran nama baik atau materi yang melanggar hukum.

(f) Setiap Data Pribadi yang Anda ajukan dalam proses pemanfaatan Layanan maupun yang diakses SamaKita berdasarkan Kebijakan Privasi adalah benar, bukan merupakan hasil penipuan atau pelanggaran hukum maupun hak pihak ketiga lain, akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.


4. PERMOHONAN PINJAMAN DAN PENYEDIAAN LAYANAN

4.1 SamaKita menyediakan Layanan dengan membuat dan mengoperasikan Platform untuk tujuan mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Peminjam dan lebih lanjut mengatur pengikatan antara Peminjam dan Pemberi Pinjaman di dalam suatu Perjanjian Pinjaman.

4.2 SamaKita berhak melakukan penilaian kelayakan kredit (creditworthiness) terhadap calon Peminjam berdasarkan Permohonan Pinjaman yang diajukan kepada SamaKita melalui Mitra untuk menentukan apakah calon Peminjam dapat atau layak memperoleh Pinjaman dari Pemberi Pinjaman melalui Platform. Dalam hal Permohonan Pinjaman Anda ditolak oleh SamaKita dengan alasan apapun, Anda tidak berhak untuk meminta penjelasan apapun mengenai alasan, tolak ukur atau indikator penilaian yang menjadi dasar penolakan tersebut, dan Anda tidak berhak menuntut ganti rugi, biaya, ongkos atau pengeluaran dan pemberian hak atau penggantian maupun kompensasi dalam wujud apapun kepada SamaKita maupun Pihak Terkait.

4.2 SamaKita berhak melakukan penilaian kelayakan kredit (creditworthiness) terhadap calon Peminjam berdasarkan Permohonan Pinjaman yang diajukan kepada SamaKita melalui Mitra untuk menentukan apakah calon Peminjam dapat atau layak memperoleh Pinjaman dari Pemberi Pinjaman melalui Platform. Dalam hal Permohonan Pinjaman Anda ditolak oleh SamaKita dengan alasan apapun, Anda tidak berhak untuk meminta penjelasan apapun mengenai alasan, tolak ukur atau indikator penilaian yang menjadi dasar penolakan tersebut, dan Anda tidak berhak menuntut ganti rugi, biaya, ongkos atau pengeluaran dan pemberian hak atau penggantian maupun kompensasi dalam wujud apapun kepada SamaKita maupun Pihak Terkait.


5. KEAKURATAN DATA PRIBADI

5.1 Dengan tunduk pada Kebijakan Privasi yang ditetapkan oleh SamaKita dari waktu ke waktu, Anda menjamin bahwa semua informasi dan Data Pribadi yang diberikan atau disingkapkan kepada SamaKita maupun yang diakses SamaKita berdasarkan Kebijakan Privasi termasuk Nomor/Kontak Darurat adalah data yang lengkap dan benar, akurat, lengkap, terbaru, dapat dipertanggung jawabkan dan tidak menyesatkan dalam hal apapun serta bukan merupakan hasil penipuan atau pelanggaran hukum maupun hak pihak ketiga.

5.2 Anda wajib untuk memperbaharui dan/atau memberitahukan kepada SamaKita atas setiap perubahan informasi dan Data Pribadi Anda.

5.3 Dalam hal SamaKita menemukan bahwa informasi dan/atau Data Pribadi yang Anda berikan kepada SamaKita melalui Platform adalah tidak benar, diduga palsu, menyesatkan, dan/atau tidak akurat atau menyalahi ketentuan Pasal 5 ayat 5.1 S&K ini, maka SamaKita berhak untuk mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada memblokir akses Anda terhadap Platform, mempercepat tanggal jatuh tempo pembayaran dan/atau pelunasan Pinjaman, dan meminta ganti kerugian kepada Anda tanpa mempengaruhi kewajiban pelunasan Pinjaman Anda (sesuai dengan tanggal jatuh tempo atau tanggal jatuh tempo yang dipercepat (accelerated maturity) oleh sebab pelanggaran Anda terhadap ketentuan ini) serta hak tagih Pemberi Pinjaman melalui SamaKita terhadap kewajiban finansial Anda berdasarkan Perjanjian Pinjaman.


6. PERLINDUNGAN DATA PRIBADI

6.1 Dengan tunduk pada Kebijakan Privasi, pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan informasi dan Data Pribadi yang diberikan oleh Anda kepada SamaKita akan sesuai dengan tujuan penggunaan Platform berdasarkan persetujuan yang Anda berikan kepada SamaKita dan sesuai dengan Hukum yang berlaku di Indonesia.

6.2 SamaKita akan mengambil semua langkah dan tindakan yang wajar untuk mencegah kehilangan, penyingkapan, penyalahgunaaan atau perubahan Data Pribadi Anda oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

6.3 SamaKita dapat mengungkapkan informasi dan Data Pribadi Anda apabila:

(a) dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan;

(b) dipersyaratkan oleh instansi atau pihak yang berwenang;

(c) terdapat proses hukum yang sedang atau akan berlangsung;

(d) terdapat dugaan adanya tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana penipuan atau pencucian uang; atau

(e) telah mendapatkan persetujuan tertulis oleh Anda.

(f) sewajarnya diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan usaha LPBBTI oleh SamaKita sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


7. COOKIES

7.1 “Cookies” adalah file yang mencatat informasi seperti jejak pencarian situs dari perangkat untuk mengumpulkan informasi log internet dan informasi tentang Anda. Saat Anda mengunjungi Platform, Cookies akan memudahkan SamaKita untuk menyesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Cookies tidak akan melacak informasi pribadi Anda dan semua data Cookies kami telah dienkripsi dan tidak dapat dibaca oleh platform lain.

7.2 Dengan mengunjungi dan menggunakan Platform, Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Cookies terpasang pada perangkat Anda.

7.3 Anda dapat menolak pemasangan Cookies pada perangkat Anda dengan melakukan konfigurasi melalui pengaturan situs pencarian Anda. Namun perlu dipahami bahwa dengan menolak pemasangan Cookies pada perangkat Anda, Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari beberapa Layanan pada Platform.


8. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

8.1 Seluruh hak kekayaan intelektual pada Platform, termasuk tetapi tidak terbatas pada, hak cipta, hak paten, dan merek dagang, untuk dan atas nama SamaKita adalah milik dan aset tetap dari SamaKita.

8.2 Dengan mengakses Platform, Anda diberikan lisensi terbatas untuk melihat, mengunduh atau mencetak salinan dari bagian manapun pada Platform, dengan ketentuan bahwa Anda tidak mengubah dengan salinan tersebut cara apapun, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan segala hak cipta atau kepemilikan lainnya yang terdapat pada Platform atas nama SamaKita.


9. PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

9.1 SamaKita, atas diskresinya sendiri, berhak untuk mengubah dan/atau memperbaharui S&K ini dari waktu ke waktu. SamaKita akan memberitahukan perubahan S&K ini pada Platform dan melalui Akun Peminjam atau surel Anda yang terdaftar pada Platform.

9.2 Dalam hal SamaKita mengubah S&K ini dan Anda tetap mengakses serta menggunakan Layanan yang ada di Platform, maka Anda secara otomatis dianggap menyetujui untuk menundukkan dan mengikatkan diri terhadap segala perubahan yang dibuat atas S&K ini.


10. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

10.1 SamaKita atau pegawainya tidak bertanggung jawab dan tidak akan memberikan ganti rugi ketika terjadi pelanggaran atas S&K ini, termasuk kelalaian atau pelanggaran kewajiban atas (a) terjadinya kehilangan keuntungan, bisnis, atau pendapatan; atau (b) setiap biaya atau beban, yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh Anda.

10.2 SamaKita tidak bertanggung jawab kepada Anda dan/atau siapapun atas segala kehilangan, keuntungan, kebocoran, dan/atau hal lainnya, yang secara langsung atau tidak langsung, disebabkan oleh pihak ketiga.


11. GANTI RUGI

Anda sepakat untuk melepaskan, membebaskan, dan mengganti kerugian SamaKita, afiliasi, pemegang saham, direktur, komisaris, pegawai, subkontraktor, pemasok, dan agen dari SamaKita atas semua dan seluruh kerugian, pajak, biaya konsultan hukum, kontijensi, yang diderita oleh SamaKita sebagai hasil atau sehubungan dengan pelanggaran S&K ini atau dokumen lainnya yang mengikat Anda terkait penggunaan Layanan pada Platform yang dilakukan oleh Anda.


12. KETERPISAHAN

Apabila suatu ketentuan dalam S&K ini tidak dapat diberlakukan, tidak berlaku, atau bertentangan dengan suatu hukum atau kebijakan umum karena alasan apapun, ketentuan-ketentuan lain dari S&K ini tidak akan terpengaruhi dan tetap berlaku secara penuh sepanjang diperbolehkan oleh Hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


13. SATU KESATUAN

13.1 S&K ini merupakan satu kesatuan dan bagian tidak terpisahkan dari ketentuan lain yang mengatur penggunaan Layanan pada Platform oleh Anda sebagaimana ditetapkan oleh SamaKita dari waktu ke waktu, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi, dan aturan atau kebijakan lain yang diberlakukan SamaKita bagi Pengguna (“Dokumen Lain”).

13.2 Jika terdapat pertentangan antara S&K ini dan Dokumen Lain terkait suatu pokok permasalahan, maka yang berlaku adalah dokumen yang menentukan secara lebih spesifik untuk suatu pokok permasalahan tersebut.


14. PENGAKHIRAN

Anda sepakat bahwa SamaKita dapat, berdasarkan diskresi SamaKita, dengan atau tanpa pemberitahuan, menunda, mengakhiri, menonaktifkan atau menutup akses Anda pada, atau penggunaan dari Platform, mengakhiri Akun Peminjam, menghapus profil Anda dan setiap konten atau informasi yang Anda telah unggah pada Platform apabila Anda melanggar atau bertindak tidak sesuai dengan S&K ini.


15. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

15.1 S&K ini diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum negara Republik Indonesia.

15.2 Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan/atau pelaksanaan ketentuan-ketentuan dari S&K ini (“Sengketa”), Anda sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikan Sengketa tersebut secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima pemberitahuan terjadinya Sengketa oleh Anda atau SamaKita.

15.3 Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) hari, Anda sepakat untuk menyelesaikan Sengketa tersebut pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia.


16. ADUAN KONSUMEN DAN REKAM JEJAK TRANSAKSI SERTA KORESPONDENSI

Atas setiap dugaan tindakan yang melanggar hukum atau merugikan Anda secara materi yang dilakukan oleh karyawan SamaKita, termasuk tindakan intimidasi atau kekerasan oleh tim penagih utang SamaKita dalam proses penagihan utang Pinjaman Anda yang tertunggak (“Dugaan Pelanggaran Hukum”), maka Anda berhak mengajukan aduan perihal tersebut ke nomor kontak dan e-mail yang tersebut pada Pasal 18 S&K ini dengan ketentuan:

a. Anda wajib memberikan keterangan yang jelas, akurat dan disertai serta didukung bukti yang dapat mendukung laporan atau aduan tersebut;

b. Anda wajib memberikan keterangan mengenai identitas terduga karyawan yang melakukan Dugaan Pelanggaran Hukum kepada SamaKita sehingga SamaKita dapat melakukan penyelidikan dan pemeriksaan atas identitas tersebut terkait Dugaan Pelanggaran Hukum;

c. Anda wajib menyediakan nomor telepon dan e-mail yang jelas kepada SamaKita sebagai media korespondensi antara Anda dengan SamaKita untuk penelusuran lebih lanjut terkait Dugaan Pelanggaran Hukum dan kerugian materi yang Anda alami.

SamaKita tidak bertanggung jawab atas setiap akibat atau kerugian yang Anda alami yang disebabkan oleh pihak yang bukan merupakan karyawan SamaKita, tidak mewakili atau ditugaskan SamaKita secara sah dan terbukti dan tidak terkait SamaKita. SamaKita akan menangani setiap laporan dan aduan Anda dengan pertama kali melakukan verifikasi atas identitas pihak atau oknum yang melakukan Dugaan Pelanggaran untuk memastikan keterkaitan atau statusnya sebagai karyawan, kuasa, perwakilan atau pihak yang ditugaskan SamaKita (“Hubungan Afiliasi”).

Dalam hal terbukti tidak ada Hubungan Afiliasi antara oknum yang melakukan Dugaan Pelanggaran Hukum dan SamaKita, maka SamaKita akan memberitahukan Anda perihal tersebut dan SamaKita tidak akan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas Dugaan Pelanggaran Hukum dan SamaKita maupun Pihak Terkait tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban apapun oleh Peminjam atau pihak terkait Peminjam atas kerugian yang dialami.


17. KOMUNIKASI DENGAN PEMINJAM DAN/ATAU MITRA

Setiap wujud korespondensi atau komunikasi antara Pemberi Pinjaman dengan Peminjam dapat dilakukan Pemberi Pinjaman / Peminjam melalui SamaKita, dan tidak dapat dilakukan secara langsung oleh Pemberi Pinjaman / Peminjam tanpa melalui SamaKita.


18. HUBUNGI KAMI

Apabila ada pertanyaan, komentar dan permintaan mengenai LPBBTI yang disediakan SamaKita atau hal lain terkait Platform, Anda dapat menghubungi petugas SamaKita melalui cs@samakita.co.id.


Pembaharuan Terakhir: Januari 2023