FAQ

Frequently Asked Questions

DAFTAR PERTANYAAN

Mari bergabung dalam samakita.co.id dan ikut memberikan bantuan bagi saudara-saudari kita yang sedang membutuhkan pinjaman dana. Caranya dengan daftarkan diri Anda di samakita.co.id. Isi seluruh keterangan dengan benar dan ikuti prosedurnya.

Siapa saja dapat menjadi pemberi pinjaman pada SamaKita dengan mendaftarkan diri di www.samakita.co.id dengan melampirkan dokumen yang sah seperti diminta pada formulir registrasi, mencakup di dalamnya: KTP, NPWP dan dokumen halaman pertama buku tabungan atau keterangan lain sejenis.

Nominal pendanaan di SamaKita tidak dibatasi. Seluruh calon pemberi pinjaman dapat mendaftar dan melakukan pengisian saldo pembiayaan tergantung dari pilihan pemberian pinjaman yang diinginkan.

SamaKita tidak membebankan biaya kepada para pemberi pinjaman.

Samakita tidak melakukan pemotongan pajak terhadap bunga yang didapatkan oleh para pemberi pinjaman.

SamaKita berizin dan diawasi oleh OJK serta tersertifikasi ISO27001. Sehingga operasional bisnis dan data yang Anda berikan akan dijaga kerahasiaannya sesuai dengan regulasi dan standar yang berlaku.

Bisa, selama perusahaan tempat Anda bekerja merupakan perusahaan mitra yang bekerja sama dengan SamaKita. Demikian pula sebaliknya, para pegawai perusahaan mitra dapat pula mendaftar sebagai pemberi pinjaman di SamaKita.

SamaKita bermimpi membangun kesejahteraan karyawan dengan bekerjasama dengan para perusahaan mitra dan masyarakat. Kami akan dengan senang hati menerima masukan/kritik ataupun menjawab pertanyaan Anda. Seluruh hal yang berlum tercakup dalam pertanyaan-pertanyaan di atas, ataupun hal-hal lain yang ingin ditanyakan untuk mengetahui lebih jelas tentang SamaKita, dapat dikirimkan melalui email ke support@samakita.co.id ataupun telepon ke (021) 39506616.

Calon penerima dana men-download aplikasi SamaKita atau aplikasi partner untuk memulai proses pendaftaran. Saat ini layanan pendanaan SamaKita dapat diakses melalui aplikasi SamaKita dan aplikasi Yup yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Calon penerima dana men-download aplikasi SamaKita atau aplikasi partner untuk memulai proses pendaftaran. Saat ini layanan pendanaan SamaKita dapat diakses melalui aplikasi SamaKita dan aplikasi Yup yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

SamaKita bekerja sama dengan perusahaan mitra dengan ketentuan yang berbeda tergantung kebutuhan pegawai perusahaan tersebut dan kesepakatan antara SamaKita dan perusahaan mitra. Secara umum, SamaKita menetapkan pinjaman maksimal 4 kali nilai pendapatan calon peminjam dengan tenor maksimal 12 bulan.

Tingkat suku bunga akan diinformasikan saat pengajuan diterima. Suku bunga yang diberikan tergantung dari hasil analisa terhadap profil perusahaan dan peminjam itu sendiri. Suku bunga yang ditetapkan oleh SamaKita kompetitif dengan perusahaan sejenis dan bertujuan tidak memberatkan calon peminjam, namun tetap memberikan nilai tambah menarik kepada para pemberi pinjaman.

Biaya yang dikenakan saat pengajuan pinjaman SamaKita adalah biaya penyelenggaraan yang termasuk biaya administrasi dan provisi, ditambah biaya asuransi. Seluruh biaya terkait sudah didiskusikan kepada pihak perusahaan mitra tempat calon peminjam bekerja dan akan dikonfirmasikan kembali kepada calon peminjam sebelum dinaikkan ke marketplace SamaKita.

Seluruh pengajuan pinjaman yang diterima SamaKita akan dilakukan credit scoring dan akan dikonfirmasi kepada para calon peminjam. Bila sudah disepakati, maka pengajuan pinjaman akan masuk ke marketplace samakita.co.id. Setelah itu, para pemberi pinjaman yang terdaftar di SamaKita akan melihat dan memilih peminjam berdasarkan profil dan kriteria serta preferensi masing-masing peminjam.

Seluruh dana pinjaman yang disetujui untuk dibiayai oleh para pemberi pinjaman di SamaKita akan ditransfer langsung dari rekening virtual pemberi pinjaman ke rekening bank calon peminjam sesuai dengan yang telah diisikan oleh para pemberi pinjaman dan peminjam pada formulir pendaftaran pengguna samakita.co.id.

Dalam ketentuan yang berlaku di SamaKita, bagi seluruh karyawan yang mengundurkan diri dan memiliki tanggung jawab peminjaman yang belum selesai, diwajibkan untuk menginformasikan 1 (satu) bulan sebelum tanggal efektif resign dan harus melunasi sisa pinjamannya. (pasal pembayaran dipercepat dalam perjanjian pinjaman) Terkait hal ini, pihak SamaKita akan berkoordinasi dengan pihak perusahaan mitra untuk kenyamanan seluruh pihak berkepentingan.

Mitra SamaKita merupakan perusahaan yang melakukan perjanjian kerja sama dengan SamaKita dalam layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Perusahaan/Koperasi Karyawan yang menilai bahwa perlu diadakan program emergency loan bagi karyawan dapat mempertimbangkan SamaKita sebagai salah satu alternatif bagi para karyawan yang bisa saja sewaktu-waktu membutuhkan pinjaman dana.

Bagi para perusahaan yang tertarik ataupun ingin tahu lebih lanjut, silakan menghubungi SamaKita dengan menghubungi di email support@samakita.co.id atau nomor telepon 021 - 39506616.

Mitra SamaKita akan menjadi penjamin bahwa calon peminjam adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan mitra tersebut. Mitra SamaKita juga akan memberikan data yang benar terkait profil perusahaan serta informasi terkait karyawan yang mengajukan pinjaman akan divalidasi oleh mitra.